E-BUSSINESS

Published April 27, 2012 by aisdetectifcinta

 

E-BUSSINESS

}  Sejarah dalam perkembangan E-Bussiness

}  E-business adalah E-business (Inggris: Electronic Business, atau “E-business”) dapat diterjemahkan sebagai kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dengan menggunakan sistem informasi komputer. Istilah yang pertama kali diperkenalkan oleh Lou Gerstner, seorang CEO perusahaan IBM ini, sekarang merupakan bentuk kegiatan bisnis yang dilakukan dengan menggunakan teknologi Internet.

}  E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal mereka secara lebih efisien dan fleksibel. E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.

}  PENGERTIAN E-COMMERCE

}  Dalam penggunaan sehari-hari, E-business tidak hanya menyangkut e-commerce saja. Dalam hal ini, e-commerce lebih merupakan sub bagian dari E-business, sementara E-business meliputi segala macam fungsi dan kegiatan bisnis menggunakan data elektronik, termasuk pemasaran Internet. Sebagai bagian dari E-business, e-commerce lebih berfokus pada kegiatan transaksi bisnis lewat www atau Internet. Dengan menggunakan sistem manajemen pengetahuan, e-commerce mempunyai goal untuk menambah revenu dari perusahaan.

}   e-commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. e-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

}

}  Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-commerce ini sebagai aplikasi dan penerapan dari E-business (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange/EDI),dll.

}  Pengertian E-Business

}  E–Business (Electronic Business) merupakan interaksi eksternal organisasi dengan para pemasok, pelanggan, investor, kreditor pemerintah, dan media massa juga termasuk penggunaan teknologi informasi untuk mendesain kembali proses internalnya.

}  Pelaku E-Business :

-Organisasi, konsumen, perusahaan, supllier, pekerja, rekan bisnis

}  *Alat/Media/Sumber Daya yang Digunakan:
– Teknologi informasi dan komunikasi
– Komputer, data yang telah terkomputerisasi
– internet

*  Kegiatan Sasaran:
– Kegiatan bisnis
– Proses bisnis utama
– Pembelian, penjualan,pelayanan, transaksi
– Operasi bisnis utama

* Tujuan:
– Koordinasi, Komunikasi, dan Pengelolaan organisasi
– Transformasi proses bisnis
– Sharing informasi

}

}  Keuntungan:

}  – Pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi

}  – Memberikan nilai bisnis yang berbeda

}  – Efisien

}  – Peningkatan produktivitas dan keutungan

}

}  Jenis E-Business Karakteristik

Ø B2C (Business to Customer):

• Antar organisasi dan perorangan

• Nilai uang yang dilibatkan lebih kecil

• Transaksi satu waktu (tidak sering terjadi)

• Secara relatif sederhana

Ø B2B (Business to Business),

Ø B2G (Business to Government), serta

Ø B2E (Business to Education) • Antar – Organisasi

• Nilai uang yang dilibatkan lebih besar

• Hubungan yang kuat dan berkelanjutan

• Pemberian kredit oleh penjual ke pelanggan

• Lebih kompleks

}  Infrastuktur untuk E-Business
Jenis – Jenis Jaringan Dalam E-Bussiness:

}  • Local Area Network (LAN)

Adalah jaringan komputer dan peralatanlainnya yang lokasinya dekat antara satu dengan yanglain (biasanya dalam satu gedung).

}  • Wide Area Network (WAN)

Adalah jaringan komputer dan peralatanlainnya yang mencakup wilayah geografis yang luas.

}  • Value Added Network (VAN)

Adalah sistem komunikasi jarak jauh yang didesain dan dikelola oleh suatu perusahaan yang independen.

}

Software Komunikasi
Fungsi software komunikasi :
}  • Pengendali akses, menghubungkan dan memutuskan hubungan antar-berbagai peralatan.

}  • Pengelola jaringan, mengumpulkan data untuk memeriksa kesiapan peralatan jaringan untuk mengirim atau menerima data.

}  • Pengiriman data dan file, mengontrol pengiriman data diantara berbagai peralatan.

}  • Pendeteksian dan pengendali atas kesalahan, memastikan bahwa data yang dikirim benar-benar merupakan data yang diterima.

}  • Keamanan data, melindungi data selama pengiriman dari akses pihakyang tidak berwenang.

}  Manfaat E-Commerce :

}  · Revenue stream baru

}  · Market exposure, melebarkan jangkauan

}  · Menurunkan biaya

}  · Memperpendek waktu product cycle

}  · Meningkatkan customer loyality

}  · Meningkatkan value chain

}  Faktor kunci sukses dalam E-Commerce

}  Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:

}  Faktor Kunci Sukses Dalam E-Commerce

}  -Menyediakan harga kompetitif

}  -Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.

}  -Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.

}  -Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.

}  -Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.

}  -Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.

}  -Mempermudah kegiatan perdagangan

}  Aplikasi bisnis
Beberapa Aplikasi Umum Yang Berhubungan Dengan E-commerce

}  -E-mail dan Messaging

}  -Content Management Systems

}  -Dokumen, spreadsheet, database

}  -Akunting dan sistem keuangan

}  -Informasi pengiriman dan pemesanan

}  -Pelaporan informasi dari klien dan enterprise

}  -Sistem pembayaran domestik dan internasional

}  -Newsgroup

}  -On-line Shopping

}  -Conferencing

}  -Online Banking

}  -Perusahaan terkenal

}  Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini antara lain:

}  eBay,

}  Yahoo,

}  Amazon.com,

}  Google, dan

}  Paypal.

}  Kecocokan barang

}  Saran

}  Para pengusaha Indonesia perlu mengetahui dan memahami mengenai e-commerce demi kemajuan perkembangan usaha mereka melalui perkembangan elektronik dan teknologi informasi saat ini.

}  Perlunya diadakan semacam sosialisasi dan proses pembelajaran agar e-commerce di Indonesia terus berkembang.

}  Selain hal – hal yang disebutkan di atas, perkembangan E-commerce di Indonesia tentu harus didukung juga oleh adanya peraturan yang dapat melindungi konsumen dari kerugian yang disebabkan penipuan, credit card fraud, dan berbagai potensi kerugian lainnya. Dengan demikian konsumen dapat berbelanja online secara aman dan nyaman.

TERIMA KASIHH(*_*)

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: